10 Tanda Besar Hari Kiamat


Sepuluh tanda besar yang saling terhubung satu sama lain, sebagaimana disabdakan Rasulullah s.a.w dalam hadits lainnya “Mereka bagaikan manik-manik yang dipersatukan benang.” jika kau memotongnya, semua manik-maniknya akan jatuh satu persatu dan begitulah kesepuluh tanda kiamat akan terjadi. Ketika yang satu terjadi, maka yang berikutnya akan mengikuti.

Hudzaifah meriwayatkan “Suatu ketika Rasulullah s.a.w datang kepada kami ketika kami membicarakan tanda-tanda kiamat Beliau memberitahu kami bahwa kiamat takkan terjadi sampai kau melihat 10 tanda sebelumnya,”

Asap, Dajjal, sang hewan raksasa, terbitnya matahari dari Barat, Turunnya Nabi Isa, datangnya Ya’juj dan Ma’juj, dan tiga gempa yang akan mengguncang bumi salah satu darinya di barat, yang satu di timur, dan satu lagi di semenanjung Arab. Dan yang kesepuluh, tanda yang terakhir adalah api yang akan muncuk dari Yaman. Dan ia akan mengumpulkan umat manusia menuju tempat kebangkitan mereka, artinya menuju lokasi dimana hari penghisaban akan terjadi inilah hadits yang diriwayatkan dalam Sahih Imam Muslim.

Akhir zaman adalah zaman yang paling berbahaya dari semuanya untuk hidup, inilah masa dimana umat manusia akan diuji dengan ujian terberat dari segala ujian bahkan para Sahabat Rasulullah s.a.w tidak pernah mengalami ujian seberat ini. Jadi jika kau hidup di akhir zaman, dan kau melihat gedung-gedung pencakar langit yang menjulang di depan matamu, dan kau tidak terbangun, untuk memahami ujian yang merupakan terberat dari segala zaman, maka kau pantas mendapatkan takdir yang tentunya menunggumu.

Ibn Hajar menulis membahas tentang urutan dari kejadian ini. Ini dari menyatukan semua riwayat bahwa datangnya dajjal adalah yang pertama dari tanda besar itu, yang akan menandakan perubahan dari dunia yang lebih rendah (bumi) dan ini akan diakhiri dengan kematian Nabi Isa. Dan bahwa terbitnya matahari dari barat adalah tanda besar yang pertama yang menandakan perubahan dari dunia yang lebih tinggi (langit). Dan ini akan diakhiri dengan datangnya hari kiamat. Dan mungkin datangnya sang hewan raksasa muncul dari hari dimana matahari terbit dari barat, karena munculnya matahari dari barat akan menandakan tertutupnya pintu taubat. Dengan begitu, setelah ini sang hewan raksasa akan muncul dan menandai siapa yang beriman dan kafir. Dan ini akhir yang sempurna dari tertutupnya pintu taubat. Dan tanda besar pertama yang menandai permulaan hari penghisaban adalah api yang mengumpulkan umat manusia. Kesepuluh tanda besar ini akan terjadi berurutan dalam jangka waktu yang sangat pendek. Karena tepat ketika Dajjal muncul dalam periode waktu.. Seperti yang disabdakan Rasulullah s.a.w 40 hari, dimana satu hari terasa seperti setahun, hari kedua terasa seperti sebulan, hari ketiga seperti seminggu, Nabi isa akan turun dan dia akan membunuh Dajjal, dan tanda-tanda berikutnya akan mengikuti. Kita tidak tahu kapan tepatnya itu terjadi,mungkin di tahun yang sama atau tidak, Allah lah yang tahu, yang pasti ketika salah satu dari sepuluh tanda besar ini terjadi, yang pertama adalah kedatangan Dajjal, yang lainnya akan mengikuti dengan sangat cepat.

Sumber: Youtube LampuIslam


Previous
Next Post »