Kehidupan dalam Kubur


Hadist yang Rasulullah s.a.w sabdakan “Kuburan adalah bagian pertama dari akhirat Jika seseorang diselamatkan dari azab dan siksa kubur, maka apa yang terjadi setelahnya akan menjadi lebih baik dan mudah” Dia akan diselamatkan dari hal-hal yang lebih besar. Jika dia tidak diselamatkan dari siksa kubur, maka apapun yang akan datang setelahnya adalah lebih buruk. Saudara/saudariku dalam islam, ketika seseorang pergi ke kuburan, Rasulullah s.a.w memberitahu kita “Dia membawa 3 hal bersamanya. Yang satu tetap bersamanya dan yang dua kembali” Rasulullah s.a.w bersabda: Keluarga dan kekayaanmu kembali. Apa yang tinggal bersamamu adalah amalanmu. Amal baik dan burukmu. Karena itulah yang akan menentukan kemana kau akan menuju dan apa yang akan terjadi dalam kuburmu.

Rasulullah s.aw memberitahu kita bahwa orang yang sudah meninggal saling mengunjungi satu sama lain dalam kubur mereka. Karena Rasulullah s.a.w bersabda “Ketika kau mengubur seorang yang meninggal, maka buatlah kafannya baik, dan berikan mereka wewangian, buatlah mereka siap, karena para ahli kubur saling mengunjungi satu sama lain.”

Rasulullah s.a.w memberitahu kita bahwa seseorang yang sedang diazab dalam kuburnya, para binatang dapat mendengarnya. Aisyah r.a berkata “Dua orang wanita Yahudi tua memasuki rumahku di Madinah pada suatu ketika.” ini karena mereka bertetangga. Dan mereka berkata padaku “Para ahli kubur diazab di dalam kubur mereka.” jadi aku katakan pada mereka “Kau berbohong. Ini tidak benar. Para ahli kubur tidak diazab.” Kemudian mereka pergi. Kemudian Rasulullah s.a.w masuk dan aku katakan “Ya Rasulullah, dua orang wanita Yahudi mendatangiku dan berkata bahwa para ahli kubur disiksa dalam kubur mereka.” Rasulullah s.a.w bersabda “Mereka berbicara kebenaran, kedua wanita Yahudi tadi. Para ahli kubur disiksa sampai-sampai binatang dapat mendengarnya.” Jadi manusia dan jin tidak dapat mendengarnya. Aku tidak ingin menakutimu tapi merupakan amalan kita yang tentunya akan menentukan bagaimanakahkeadaan kita dalam kubur: Entah apakah taman dari taman surga atau jurang dari jurang neraka. Jadi Rasulullah s.a.w sendiri seringkali berkata “Ya Tuhanku, aku meminta perlindunganmu dari siksa kubur.” Dan hal ini juga harus kita lakukan.

Sumber: Youtube LampuIslam
Previous
Next Post »